Sabtu, 15 Oktober 2016

Malam Takbiran Idul Adha



Di malam hari, tanggal 11 September 2016. Malam yang sangat menyenangkan, khusunya bagi umat muslim.. karena di malam itu kita bertakbir, untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha pada keesokan harinya.  Saat itu aku dan teman-teman remaja masjid (baca: Karisma). Yaaa, karena Karisma sebutan untuk kami, remaja masjid.. lagi takbiran keliling komplek dengan membawa obor. Uniknya, dari takbir kita pada malam itu, ialah kita menggunakan kostum. Yaaap, kostum kita adalah pakaian adat jawa pada jaman walisongo. Untuk mengenang kembali Islam di masa walisongo, dan melestarikan pakaian adat jawa..
Jujur, saat takbiran kemaren, dan liat foto diatas, kerasa banget masa walisongonya.. kaya kita hidup dijaman walisongo.. dan bendera serta atribut yang lainnya, kita buat sendiri.. yang buat anak laki-laki dong yaa pastinyaa.. wkwkw
Foto yang dibawahnya. Itu kami, Karisma.. Eyaaakk wkwk
Keesokan harinya, kami, Karisma juga ikut membantu para ibu dan bapak untuk memotong-motong daging qurban. Aku melihat lagsung proses sapid an kambing disembelih. Sumpah, terharu. Hamper mau nangis. Gatega soalnya, liat mereka, gapunya salah apa-apa harus diqurbankan..
Jadi inget, dulu jamannya Nabi Ismail mau disembelih sama bapaknya Nabi Ibrahim, gimana yaa perasaan ibunya Ismail dan bapaknya Ismail, kalo tau anaknya mau disembelih.. dan bapak ibunya Ismail percaya kalo itu adalah perintah Allah.. walopu mereka gatega dan merasa sedih karna anaknya, Ismail, mau disembelih.. tapi karna itu perintah dari Allah, tetep mereka jalani.. akhirnya, sebagai gantinya, Allah beri domba sebagai gantinya Ismail untuk diqurbankan.. Masya Allah.. betapa taatnya Nabi Ibrahim dan istrinya serta anaknya Nabi Ismail kepada Allah..
Dan Alhamdulillah, dari peristiwa itu sampai detik ini kita masih merayakan Hari Raya Idul Adha.. dan merasakan daging sapi ataupun kambing.. Alhamdulillah, umat muslim di seluruh dunia masih bisa merasakan nikmatnya daging sapid an kambing yang diolah menjadi berbagai olahan/masakan seperti sate, gulai, tonseng, dll. Alhamdulillah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar